Lacak

Sabtu, 23 Juni 2012

Bermain Hula Hoop Membuat Badan Tetap Langsing

detikHealth, Salah satu penyanyi terkemuka di Inggris, Grace Jones masih langsing di usianya yang sudah tak muda lagi, 64 tahun. Terakhir kali Grace tampil di muka umum saat konser perayaan Diamond Jubilee Ratu Elizabeth II. Ketika ditanya apa rahasia langsingnya, Grace pun mengaku itu berkat hula hoop-nya.


Ternyata olahraga ini sangat populer di Inggris. Jika Anda sempat browsing maka Anda akan banyak menemukan komunitas dan kelas hula hoop di penjuru negeri.

Salah satunya dikelola oleh Mazzula Hula yang berasal dari Edinburgh. Sebelum mengelola kelas hula hoop, Mazzula merupakan seorang guru dan artis kabaret.



Menurut Mazzula, bermain hula hoop jauh lebih mengasyikkan daripada ke gym karena tak mengeluarkan terlalu banyak keringat. Lagipula olahraga ini baik bagi ibu-ibu karena sangat efektif mengencangkan otot perut.

Sebelum berlatih, usahakan Anda memiliki hoop sendiri. Beratnya bervariasi, mulai dari 800-1200 gram. Bagi pemula lebih baik pilih yang ringan. Bahkan sebenarnya Anda tak perlu datang ke tempat latihan atau kelas hula hoop khusus karena kemahiran seseorang bermain hula hoop ditentukan oleh ketekunannya berlatih. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dulu.

Setelah pemanasan, Anda siap untuk mulai bermain hula hoop. Cara memainkan hula hoop diantaranya:
  1. Berdiri tegak dengan kaki terbuka, tekuk sedikit lutut dan telapak kaki rata menyentuh lantai. Lalu posisikan hula hoop di pinggang. 
  2. Kencangkan otot perut putar hula hoop berlawanan arah jarum jam. Lepaskan perlahan tangan dari hula hoop, putar pinggul secara berirama sehingga hula hoop dapat berputar di pinggang Anda. 
  3. Posisikan kedua tangan di atas kepala. Buatlah putarannya konsisten dan aturlah pernapasan Anda agar hula hoop tetap berputar. 
  4. Bagi pemula, berlatihlah sekitar 10 menit kemudian beristirahatlah selama 15 menit sebelum memulai lagi.
Selama 10 menit bermain hula hoop terbukti mampu membakar 100 kalori. Bahkan sebuah studi yang dilakukan American Council on Exercise menemukan bahwa bermain hula hoop selama satu jam bisa membakar kalori yang sama besarnya dengan aerobik selama satu jam.

"Kami sebenarnya sangat terkejut," ungkap John Porcari, peneliti studi ini dan seorang psikolog olahraga seperti dilansir dari mirror, Jumat (22/6/2012).

"Anda kira bermain hula hoop hanya merupakan permainan anak-anak, tapi studi kami menunjukkan bahwa olahraga ini meningkatkan detak jantung hingga lebih dari 150. Angka ini tentu saja cukup tinggi.

"Temuan ini juga membuktikan bahwa bermain hula hoop membuat seluruh tubuh bergerak sehingga dapat meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan sembari memperkuat otot punggung, perut, lengan dan kaki," tandasnya.

Selain itu, bermain hulahop merupakan olahraga yang tak membutuhkan banyak biaya karena Anda bisa melakukannya di ruang tamu dengan telanjang kaki dan T-shirt seadanya. 

Bahkan Anda bisa membuat hoop Anda sendiri dengan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda seperti dari pipa. Bentuk hoop yang sesuai dengan diri Anda bisa diukur dari bagian atas tulang pinggul Anda hingga ke lantai.

"Hal ini juga berarti Anda bisa memilih berat hoop yang sesuai dengan Anda. Semakin berat hoop-nya maka semakin mudah untuk berputar lebih lambat ke seluruh tubuh, sedangkan hoop yang lebih ringan dan bisa dibeli di toko mainan akan bisa berputar dengan cepat untuk menjaga kondisi pinggul Anda," kata Mazzula.

Lebih dari itu, bermain hula hoop itu menyenangkan. Bahkan jika sudah mahir Anda bisa mengiringinya dengan musik sesuai irama kecepatan gerak Anda. Ikuti dengan gerakan kedua tangan Anda, bisa mengayun, melambai, meninju atau sesuka Anda. Dengan demikian akan menambah keasyikan Anda bermain hula hoop.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...